cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal VOK@SINDO
Published by Universitas Brawijaya
ISSN : 23385103     EISSN : -     DOI : -
VOK@SINDO is journal of applied sciences. The Scope of the journal cover various areas of expertise obtained from research results, conceptual thinking, practical experiences related to problem-solving activities.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 2 (2019)" : 6 Documents clear
Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Agenda Surat Berbasis Visual Basic for Application (VBA) Excel di Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Kabupaten Lumajang Sovia Rosalin; Sri Ayu Ambarwati
Jurnal VOK@SINDO Vol 7, No 2 (2019)
Publisher : Program Pendidikan Vokasi Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Surat merupakan alat komunikasi yang masih sering digunakan oleh instansi Pemerintah. Surat memiliki nilai yang sangat penting bagi kelangsungan atau perkembangan instansi tersebut, baik sebagai alat komunikasi, sebagai pusat ingatan, sebagai alat bukti dan sebagai tujuan dari instansi. Pengelolaan persuratan menjadi salah satu faktor yang berpengaruh dalam kegiatan administrasi surat pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Lumajang. Sehingga sangat diharapkan proses pengelolaan surat baik surat masuk maupun surat keluar dapat dilakukan dengan efektif dan efisien. Dengan adanya aplikasi agenda diharapkan dapat mengurangi waktu yang cukup lama dalam proses agenda dan disposisi surat, mempercepat proses pencarian surat, mengurangi kesalahan pada saat pencatatan, terjamin rahasia surat, memudahkan dalam ekspedisi surat dan mudah dalam penggunaan. Pembuatan aplikasi ini dibuat dengan menggunakan pengkodean dari Visual Basic for Application (VBA) yang terintegrasi dengan database Microsoft Excel.
Prosedur Pengelolaan Arsip Dinamis Inakti Melalui plikasi Digital Office Fike (DOF) di Departemen Hukum dan Sekretaiat PT. Petrokimia Gresik Susilowati Susilowati; Zahidiyah Salsabila Fithri Ramadhanty
Jurnal VOK@SINDO Vol 7, No 2 (2019)
Publisher : Program Pendidikan Vokasi Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana prosedur pengelolaan arsip dinamis inaktf melalui aplikasi Digial Office File (DOF) di Departemen Hukum dan Sekretariat PT. Petrokimia Gresik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah pegawai pusat arsip di Departemen Hukum dan Sekretariat PT. Petrokimia Gresik. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil pcenelitian ini berupa prosedur pengelolaan arsip dinamis inaktif melalui aplikasi Digital Office File (DOF) di Departemen Hukum dan Sekretariat PT. Petrokimia Gresik dengan cara scan surat/arsip terlebih dahulu denan menggunakan alat bantuan scanner kemudian dengan mengupload arsip ke dalam aplikasi Digital Office File (DOF) secara step by step kemudian arsip akan secara otomatis akan tesimpan. Untuk mencari arsip dapat menggunakan aplikasi Digital Office File (DOF) dengan mengisi informasi arsip yang akan dicari, maka arsip secara langsung dapat ditemukan.
Meningkatkan Usaha Industri Rumah Tangga Olahan Susu Segar Aneka Rasa Di Kecamatan Purworejo Kota Pasuruan Melalui Program Kemitraan Masyarakat Stimulus Lestari Setyowati; Badriyah Wulandari; Ana Ahsana
Jurnal VOK@SINDO Vol 7, No 2 (2019)
Publisher : Program Pendidikan Vokasi Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Susu olahan yang diolah secara sederhana  menjadi mudah basi dan tidak dapat bertahan lama. Salah satu industri rumah tangga dengan nama produksi M99 Beverages di daerah Tambak Udan Kota Pasuruan berinisiatif membuat produk minuman olahan susu dengan nama Co-Date, singkatan dari Coklat Update. Pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk memecahan masalah mitra, yaitu 1)  sampai saat ini, pengolahan susu aneka rasa ini masih dilakukan secara konvensional; 2) produk dikemas dengan satu rasa tanpa varian lainnya; 3)  produk hanya dibuat dalam satu kemasan; 4)  sistem pemasaran yang masih door to door dan belum adanya stiker merek dagang yang menarik, 5) manajemen keuangan yang kurang tertata baik. Solusi yang ditawarkan dalam pengabdian ini adalah 1) mengadakan teknologi tepat guna; 2) memberi varian olahan susu dan rasa lainnya, 3) memberi varian ukuran produk, 4) memanfaatkan media sosial untuk pemasaran dan membuat stiker merek dagang yang menarik, dan 5) membenahi manajemen keuangan. Hasil dari pengabdian ini adalah 1) produk diolah dengan menggunakan teknologi tepat guna sehingga mempersingkat waktu dan jumlah produksi menjadi lebih banyak, 2) terdapat berbagai varian olahan dan rasa, yang tidak hanya Co-Date, tapi juga Gully dan Cakie, 3) memasarkan produknya secara lebih luas dengan memanfaatkan media sosial, dan aplikasi lainnya, misalnya WhatsApp, Go-food, Facebook, serta pembuatan stiker yang lebih menarik dan representatif dengan produk, 4) manajemen keuangan semakin baik.
Implementasi Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (Psak) Atas Transaksi Murabahah (Studi Kasus Pada Bank Syariah Di Indonesia) Ayub Wijayati Sapta; Hariri Hariri
Jurnal VOK@SINDO Vol 7, No 2 (2019)
Publisher : Program Pendidikan Vokasi Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Terdapat beberapa Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) yang mengatur transaksi murabahah, antara lain PSAK 102, PSAK 50, 55 dan 60 hingga yang terbaru PSAK 71. Sebagai bahan kajian baru dalam akuntansi keuangan di Indonesia, PSAK 71 masih menjadi suatu pro-kontra terkait kesiapan bank syariah dalam hal implementasi dan implikasi keuangan yang akan terjadi. Tujuan serta urgensi dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan standar akuntansi keuangan yang berlaku di Indonesia atas transaksi murabahah serta dampak keuangan bagi bank syariah, sehingga dapat diketahui sejauh mana kesiapan dalam menerapkan PSAK 71 dan menetapkan langkah antisipasi atas kendala yang akan dihadapi.  Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan studi kasus perpaduan antara disciplined comparative dengan heuristic case studies pada bank ABC Syariah. Penerapan PSAK 102 dengan PSAK 50, 55, dan 60 menimbulkan dampak keuangan yang berbeda yaitu pengakuan dan penyajian piutang murabahah, marjin murabahah tangguhan, biaya administrasi, Cadangan Kerugian Penurunan Nilai (CKPN) serta unsur pengungkapan dalam Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK). Sementara itu pihak manajemen bank masih dalam tahap mempelajari PSAK 71, sehingga belum ditetapkan kebijakan akuntansi final mengenai penyesuaian atas peralihan dari aturan PSAK 102, PSAK 50, 55, dan 60 kepada PSAK 71.
Ekualisasi SPT Masa Dengan SPT Tahunan Badan Untuk Mengantisipasi Potensi Pemeriksaan Pajak Pada PT A di Kota Solo Anisya Sukmawati; Adhitia Winata
Jurnal VOK@SINDO Vol 7, No 2 (2019)
Publisher : Program Pendidikan Vokasi Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam menggunakan metode Self Assesment tidak menutup kemungkinan adanya kesalahan. Kesalahan tersebut mengakibatkan terbitnya Surat Permintaan Penjelasan atas Data dan/atau Keterangan (SP2DK) Tujuan penelitian ini adalah untuk mencapai titik keseimbangan (ekualisasi) antara pajak yang dilapor yaitu SPT Masa PPN, SPT Masa PPh 21 dengan Laporan Keuangan yang yang dibuat oleh perusahaan yang dilapor pada SPT Tahunan. Hal tersebut juga menjadi objek penelitian dengan menggunakan teknik analisis kuantitatif dengan metode analisis tingkat keseimbangan antara pajak yang dilapor dengan laporan keuangan Hasil dari penelitian ini adalah untuk mencapai titik keseimbangan antara Pajak Pertambahan Nilai, Pajak Penghasilan Pasal 21 dengan Laporan Keuangan yang dilapor pada SPT Tahunan hal ini disebabkan karena beberapa SPT Masa tidak dilaporkan sebesar Rp. 58,380,317,759 untuk penjualan dan Rp. 58,462,089,142 untuk pembelian. Akan tetapi pada saat pelaporan SPT Tahunan dilaporkan sesuai dengan Laporan Keuangan. Perbedaan ini perlu ada nya ekualisasi oleh perusahaan sebesar jumlah SPT Masa yang belum dilaporkan dengan melakukan pembetulan SPT Masa dan juga membayar denda administrasi dan denda bunga.
Evaluasi Pelaksanaan Program Bimbingan Pemustaka (e- Resources Class) di Perpustakaan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Imanatus Imanatus
Jurnal VOK@SINDO Vol 7, No 2 (2019)
Publisher : Program Pendidikan Vokasi Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk memaparkan teknis pelaksanaan program dan evaluasi teknis pelaksanaan program bimbingan pemustaka e-resources class di Perpustakaan Institut Teknologi Sepuluh Nopember pada bulan Mei 2019. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan kuisioner yang diedarkan kepada peserta kegiatan e-resources class pada bulan Mei 2019. Hasil observasi, wawancara, dan kuisioner menunjukkan bahwa kegiatan e-resources class yang dilaksanakan pada tanggal 14 Mei 2019, dilaksanaan di Ruang Bibliotek, lantai 2 Perpustakaan Institut Teknologi Sepuluh Nopember, kegiatan berlangsung selama 55 menit dan diikuti oleh 15 peserta. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa latar belakang pendidikan atau pengalaman pemateri dalam menyampaikan materi sudah sesuai, metode yang digunakan pemateri dalam menyampaikan materi sudah baik, materi yang disampaikan sesuai dengan kebutuhan peserta, kenyamanan ruang yang mampu membantu peserta dalam mengikuti kegiatan e-resources class sudah baik, ketepatan waktu dalam pelaksanaan kegiatan e-resources class sudah baik, kritik dan saran yang diberikan peserta bersifat membangun, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kualitas bimbingan pemustaka e-resources class. Peneliti selanjutnya diharapkan untuk mengkaji tentang evaluasi hasil dari kegiatan e-resources class, yang mana kegiatan evaluasi tersebut berkesinambungan dengan evaluasi teknis pelaksanaan.

Page 1 of 1 | Total Record : 6